Tuesday, May 21, 2019

Wisata Kediri│Simpang Lima Gumul Kediri

Kabupaten Kediri dengan ikon Simpang Lima Gumul nya kini semakin terkenal, SLG adalah nama lain dari Simpang Lima Gumul, SLG termasuk sebuah monumen yang berbentuk mirip dengan bangunan Arc de Triomphe yang ada di Paris, SLD disebut juga Kota Paris karena kemiripan bangunannya. SLG di bangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 silam, SLG di gagas oleh Bupati Kediri kala itu yaitu Bapak Sstrisno. SLG terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten KediriN provinsi Jawa Timur, Indonesia.
Lorong Simpang Lima

Simpang Lima Gumul merupakan salah satu objek Wisata unggulan di Kota Kediri, SLG juga merupakan tempat sentral ekonomi Kota Kediri, kenapa di sebut simpang lima?... karena tempat pertemuan jalur antara Kediri Kota, Pare, Pagu, Wates/Pesantren dan Plosoklaten. Simpang Lima Gumul mempunyai luas bangunan kurang lebih 37 hektar, dengan luas bangunan 804 meter dan tinggi 25 meter yang terdiri 6 lantai, mempunyai 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar dari keseluruhan bentuk jumlah bangunan monumen mempunyai arti sebagai hari jadi Kabupaten Kediri.

Di struktur bangunan monumen disisi sisinya terdapat relief-relief yang menggambarkan tentang sejarah Kabupaten Kediri hingga Kesenian dan Kebudayaan yang ada di Kediri, di sudut pojok bangunan monumen Simpang Lima Gumul ada sebuah arca (patung) Ganesha, salah satu Dewa yang banyak di Puja oleh Umat Hindu, di dalam bangunan SLG terdapat ruang ruang untuk pertemuan dan ruang auditorium yang berbentuk mirip kubah (dome), ruang serba guna bawah tanah Cbasement) disebut juga lorong SLG yang cukup lumayan panjang dan berhias lukisan lukisan dan foto-foto tentang sejarah Kediri, dari mulai foto-foto gunung Kelud masa lalu hingga Gunung Kelud masa kini, dan juga foto-foto kebudayaan yang ada di Kediri.

SLG & Paris
Simpang Lima Gumul sangat sering mengadakan pagelaran seni budaya dan pameran produk unggulan Kabupaten Kediri, jika sobat-sobat berkunjung ke kota Kediri jangan lupa singgah sebentar ke Monumen Simpang Lima Gumul sobat pasti akan menyukai nya, setiap hari Simpang Lima tak pernah sepi dari pengunjung pagi hingga malam tetap ramai, apalagi sekarang di Simpang Lima Gumul di lengkapi dengan Taman hijau yang begitu indah.
Galeri Gambar Gumul





Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...