Friday, May 10, 2019

Wisata - Waduk Selorejo Malang tempat mancing

Selorejo


        Waduk seloreja adalah bendungan milik Perun Jasa Tirta I yang terkenal di Desa Selorejo, Kecamatan Ngatang Kabupaten Malang. Jarak tempuh kurang lebih 43 km dari Kota Malang, Ngatang sendiri ikut wilayah Malang bagian barat yang berbatasan dengan Bukit Selokurung yang terdapat Makam Pangeran Trunojoyo. ngatang sendiri berada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Kecamatan Ngatang di keliling beberapa Gunung yaitu Gunung kelud, gunung kawi, gunung arjuno dan gunung anjasmoro. di bagian barat daya berbatasan langsung dengan kabupaten blitar, bagian barat berbatasan dengan kabupaten kediri dan bagian utara berbatasan dengan kabupaten jombang.



    Waduk selorejo di bangun pada 22 Desember 1970 dan membendung aliran sungai kali konto, lahar kletak, kali kwayangan dan beberapa sungai kecil, waduk selorejo berfungsi sebagai irigasi dan PLTA (Pembangkit listrik tenaga air). Waduk Selorejo juga terkenal sebagai tempat wisata terutama wisata macing, yang cukup ramai di kalangan para pe macing lokal, di karena kan waduk selorejo termasuk daerah yang masih cukup berhasil menjaga kondisi air sehingga terbebas dari limbah limbah air.



      Ada beberapa sarana dan prasarana pelengkap di waduk selorejo sebagai tempat wisata yaitu adanya lapangan golf, lapangan tenis, tempat perkemahan, penginapan, restoran, area macing, perahu, jembatan gantung dan masih banyak lagi, serta permainan permainan skill air dan tak kalah penting adanya area parkir yang cukup luas, dan tak kalah penting adanya tempat ibadah.




           PLTA yang ada di Waduk Selorejo menghasilkan listrik yang cukup untuk penduduk Ngatang dan sekitarnya, masyarakat sendiri memanfaatkan waduk sebagai sumber mata air untuk sawah sawah di sekitarnya, Waduk selorejo termasuk waduk yang cukup populer di kalangan macing mania, spot macing yang sangat oke dan gratis, tak jarang juga para pemancing sampai menginap di waduk selorejo.


Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...