Monday, March 25, 2019

Cerita Rakyat Bahasa Jawa - Danau Toba

Bahasa Jawa
Picture : Youtube

Jaman Semono Neng Siji Desa nang Wilayah Sumatera, enek petani sing sregep tandang gawe, dheweke tandhang gawe nang sawah senajan ora ombo, nanging iso nyukupi kebutuhane, petani kuwi dewe jeneng Toba. sakbenere umure wes cukup kangge rabi utawa kangge omah-omah, nanging dheweke tetep milih urip dhewekan, isuk-isuk dina sing cerah, petani kuwi macing iwak nang kali "mugo mugo aku intok iwak sing gedhi dina iki" ngomong ning jero ati, sewetara wektu sakwise pancinge di uncalne, pancinge obah-obah, dheweke kaget diangkat intok iwak gedhi sing warnane apik, sisik iwak kuwi rupane kuning emas, matane bunder lan mripate metu mendolo ngetokne warno mengkilap. toba sineng bangen amergo sak umu-umur durung pernah intok iwak gedhi.
Ringkes cerita toba banjur gowo muleh iwak kuwi, angen-angene ngetan-ngulon-ngidul-ngalor mbayangne yen di bakar terus di pangan rasane uenak tenan. tekan omah, petani iku langsung nggowo iwak nang pawon, di siapne arep di bakar. pas wektu arep ngekakne geni kangge bakar iwak, disawang kayu bakre entek, banjur dheweke metu jupuk kayu bakar, sakbanjure jupuk kayu bakar mbalek menyang pawon ujug-ujug iwak iku ura enek, tapi panggonan iwak mau ono duwek emas sing kececer, amergo kaget lan nggumun ngalami singa aneh, banjur petani iku metu teko pawon lan mlebu nang kamar.

 Nalika mbukak lawang kamar, ujug-ujug (dumadak) getih beninge munggah mergo kaget enek cewek ayu sing rambute dowo ngadek ana ning kamar. wong wedok ayu iku banjur nyawang petani iku, lan ngajak peatnai iku nang pawon masak sego mergo durung ene sego sing di pangan, wektu masak cewek ayu rambut dowo iku cerita asal usule, cewek iku cerita yen dheweke incarnati utawa jelmaan saka iwak sing di gowo muleh, lan di jelasno yen duwek emas sing ono nin kono sing kececer iku sisik iwak sing ana ning awake."Toba mung iso plonga plungu nggumun ora ngerti.

Sak wise seminggu luweh cewek ayu rambut dowo iku ngomong nang nggone petani iku yen dheweke gelem dadi bojone nanging duweni syarat kudu gelem sumpah sak umur uripe, ora bakal ngungkit asal-usule sing teko Iwak, akhire Petani sing duweni jeneng Toba iku gelem sumpah banjur, akhire toba nikah karo iwak sing njelmo dadi wong wedok iku.

setahun sakwise, Toba lan Puteri duwe anak lanang sing di wenehi jeneng Samosir, bocah kuwi di manja banget karo ibuke nggarai bocah dadine males lan duwe tabiat elek. sawise gede bocah iku di kongkon ibuke ngeterake sego saben dino nang nggone bapake sing kerjo nang sawah, nanging jarang gelem, sawiji wektu Samosir di kongkon ngeterake sego nang sawah kanggo bapake, nanging mergo di pekso karo ibuke karo nesu tapi tetep mangkat ngeterake sego nang bapake, nanging teko tengah dalan sego lan lawuhe di entekne, teko sawah segone kari sitik nanging tetep di kekne nang bapake, mergo iku akhire bapake nesu-nesu mergo nyawang sego lan lawuhe kari sitik. nesune soyo nemen sabare ilang, banjur Samosir dihajar karo pangucap "anak kurang ajar, ura duwe toto kromo, ura kenek diatur, bener-bener anak keturunane iwak" karo nangis Samosir, mlayu muleh metuki ibuke nang omah, Samosir sambat karo ibuke yen dheweke di hajar karo bapake. kabeh pangucap sing metu soko omongane bapake di ceritake nang ibuke. krungu cerito ngonokuwi teko anake, ibuke susah banget, amergo si Toba wes nglanggar sumpahe. cepet cepet ibuke ngongkon samosir mlayu menyang gunung, samosir nuruti perintah ibuke, sakwise samosir teko pucuk gunung, si ibuke mlaku menyang kali cedak omahe terus myemplung, dibarengi sworo angin kilat bledek lan sworo gemlegar Ibuke Samosir sing nyemplung nang kali rubah wujud dai iwak gedhi, bebarengan karo dumadine iwak, banjir bandang ora kebendung ngebeki kahanan sing ana nang sekitare omah lan sawah poho klelep, Pak Toba sing jek nang sawah ora iso nglangi akhire, akhire pak toba katut klelep, suwi-suwi banyu soyo akeh dumadi Danau Toba.

Bahasa Indonesia
Pada Zaman dahulu kala di suatu desa di sumatera utara hiduplah seorang petani bernama Toba yang menyendiri di sebuah lembah yang landai dan subur. petani itu mengerjakan lahan pertaniannya untuk keperluan hidupnya. selain mengerjakan ladangnya, kadang-kadang pria itu pergi memancing ke sungai yang berada tak jauh dari rumahnya, setiap kali dia memancing, mudah saja ikan di dapatkan nya, karena sungai yang jernih itu banyak sekali ikan nya. ikan hasil memancing selalu dia masak dan makan.
Pada suatu sore yang indah, setelah pulang dari ladang pria itu langsung pergi ke sungai untuk memancing, tetapi sudah cukup lama ia memancing tak seekor ikan pun ia dapat. kejadian yang seperti itu, tidak pernah dia alami sebelumnya. sebab biasanya ikan di sungai itu mudah di dapat. karena sudah lama ia tidak mendapatkan, ia jadi kesal dan memutuskan untuk mengakhirinya, tetapi ketika ia hendak beranjak pergi, umpan nya di sambar ikan begitu hebat, pancing ditarik kesana kemari, setelah beberapa lama akhirnya ikan itu mengalah juga, dengan cepat ikan itu ditariknya ke darat. betapa senangnya dia melihat ikan yang ia dapat begitu besar, dengan riang gembira mata pancingnya ia lepas dari mulut ikan, pada saat ia ingin melepaskannya, ikan tersebut memandangnya dengan penuh arti, kemudian, setelah ikan itu di letakkan ke suatu tempat dia pun masuk ke dalam sungai untuk mandi, perasaannya gembira sekali karena belum pernah dia mendapat ikan sebesar itu. Dia tersenyum sambil membayangkan betapa enaknya nanti daging ikan itu kalau sudah di panggang. akhirnya ia meninggalkan sungai untuk pulang ke rumahnya hari sudah mulai senja.
setibanya dirumah, lelaki itu langsung membawa ikan besar itu ke dapur , ketika ia hendak menyalakan api untuk memanggang ikan itu, ternyata kayu bakar di rumahnya habis, dia segera keluar mencari kayu bakar, setelah mendapatkannya ia kembali rumah dan kembali ke dapur, ia terkejut sekali melihat ikan besar yang ada di dapur menghilang, di tempat ikan tersebut berganti dengan kepingan emas yang berserakan. karena terkejut dan heran mengalami keadaan yang aneh, dia meninggalkan dapur dan menuju ke kamar, ketika ia membuka pintu kamar betapa terkejut nya lagi ia melihat ada seorang wanita dengan rambut panjang terurai berdiri di dan menatap cermin yang ada di kamarnya, sesaat kemudian perempuan itu tiba-tiba membalikkan badan dan menyapa dengan manja kepada pria itu, pria itu bukannya takut melainkan terpesona oleh kecantikan gadis yang berdiri di hadapannya.
karena hari sudah larut malam, perempuan itu meminta agar pria itu menyalakan lampu, dan gadis itu bertanya kepada pria itu "sudah makan malam apa belum?... tanpa panjang lebar dan spontan pria itu menjawab belum, dan akhirnya wanita itu mengajak nya ke dapur, dan wanita itu berniat memasak untuk pria itu. wanita cantik itu memasak sambil menceritakan tentang dirinya, bahwa dia adalah jelmaan dari ikan besar yang ia dapat dari sungai itu, ia juga menjelaskan bahwa emas yang berserakan itu adalah penjelmaan dari sisik nya. Setelah beberapa minggu perempuan itu menyatakan bersedia menjadi istrinya dengan syarat ia harus bersumpah bahwa seumur hidupnya ia tidak akan pernah mengungkit asal usul istrinya yang sebenarnya penjelmaan dari ikan, akhirnya laki-laki itu sanggup dengan permintaan wanita cantik itu.
singkat cerita setahun kemudian, mereka di karunia seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Samosir, anak itu sangat di manja oleh ibunya yang mengakibatkan anak itu menjadi pemalas dan bertabiat buruk. setelah cukup besar, anak itu disuruh ibunya mengantar nasi setiap hari untuk ayahnya yang bekerja di ladang, namun, sering dia menolak mengerjakan tugas itu sehingga terpaksa ibunya yang mengantarkan nasi itu ke ladang.
Suatu hari, anak itu disuruh ibunya lagi untuk mengantarkan nasi itu ke ladang untuk ayahnya, mulanya ia menolak, tetapi karena di paksa oleh ibunya, dengan kesal ia mengantarkan nasi itu, di tengah jalan, sebagian besar nasi dan lauk nya dia makan, setibanya di ladang, sisa nasi itu yang hanya tinggal sedikit dia berikan kepada ayahnya, saat menerimanya sang ayah sudah merasa sangat lapar karena nasi nya terlambat sekali diantar. oleh karena itu, maka si ayah jadi sangat marah ketika melihat nasi nya yang tinggal sedikit, amarahnya semakin memuncak ketika anaknya mengaku bahwa dia yang memakannya, kesabaran jadi hilang akhirnya, si anak itu di pukul nya sambil mengatakan "anak kurang ajar, tidak tahu di untung, betul betul anak keturunan ikan"!!!.
sambil menangis, anak itu berlari pulang menemui ibunya, lalu dia mengadu kepada ibunya tentang apa yang ia alami, bahwa bercerita bahwa ia di pukul oleh ayahnya, semua kata-kata yang di ucapkan cercaan ayahnya ia beritahukan kepada ibunya, mendengar cerita itu ibunya sedih sekali, terutama karena suaminya yang telah melanggar sumpahnya. akhirnya si ibu menyuruh anaknya agar segera pergi menuju bukit dan memanjat pohon yang tertinggi yang terdapat di puncak bukit, tanpa bertanya lagi si anak segera berlari, dan si ibunya melangkah menuju sungai yang tidak jauh dari rumahnya, ketika tiba di sungai kilat menyambar disertai gemuruh yang sangat mengerikan, sesaat kemudian dia melompat ke dalam sungai dan tiba-tiba berubah menjadi seekor ikan besar, pada saat yang sama, sungai itupun meluap banjir besar pun terjadi, pak Toba tak bisa menyelamatkan dirinya, ia mati tenggelam oleh air. lama-kelamaan genangan air itu meluas berubah menjadi danau yang sangat besar yang kemudian hari dinamakan danau Toba. sedang pulau kecil di tengah-tengahnya di beri nama Pulau Samosir.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...