Monday, December 10, 2018

Waduk Wonorejo

Bendungan wonorejo merupakan bendungan yang terletak di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. letaknya berada di kaki gunung wilis atau selatan gunung wilis, diperkirakan 12 km dari pusat kota Tulungagung, dengan kapasitas penampungan air sekitar 122 juta meter kubik, dengan debit air 15.000 meter kubik per detik, bendungan wonorejo termasuk salah satu bendungan terbesar di indonesia, bendungan wonorejo di resmikan pada tahun 2001 oleh wakil presiden kala itu adalah Megawati Soekarno Putri, pembangunannya pin memakaan waktu lama sekitar 9 tahun sejak tahun 1992.
Pic: youtube.com
Proses pembuatan Bendungan wonorejo yang ada di Tulungagung ini di bangun di aliran sungai Gondang di desa Wonorejo, lebar puncak sekitar 10 meter dan tinggi bendungan dari dasar sungai mencapai 95 meter, konsultan design bendungan wonorejo yaitu Nippon Koei Co.ltd Jepang dan PT.Indah karya, sedangkan kontraktor yang pembangunannya di kerjakan oleh Hasama Gumi, Kajima Co. Taisei dan PT. Pembangunan Perumahan.
waduk wonorejo adalah waduk terbesar di Asia tenggara saat ini, bendungan wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu Pusat Tenaga Listrik Tenaga Air 6.02 MW dan sumber air minum sebesar 8.02 meter kubik per detik. bendungan wonorejo juga berfungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan pertanian seluas kurang lebih 7.540 hektar sawah dan serta untuk pencegahan banjir di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.
Bendungan Wonorejo ini juga menjadi konsep Pemerintah daerah untuk mencoba mengembangkan konsep Wisata Pegunungan yang ada di Tulungagung. sehingga potensi wisata tidak hanya di sektor Pantai atau Agrobisnis.
konsep lain yang ditawarkan adalah dengan memberikan fasilitas berupa jet sky, perahu kuno, bumi perkemahan, sarana penerbangan domestik setingkat helikopter, spot macing, serta Sirkui standart untuk evebt Motocross atau offroad.
Fasilitas yang ada di Waduk Wonorejo.
1. Taman bermain
waduk wonorejo yang ada di Tulungagung ini juga menyediakan tempat bermain untuk keluarga untuk mengisi liburan.
2. tempat Pemancingan
untuk sobat-sobat yang punya hobi macing dapat juga mencoba spot-spot macing di waduk wonorejo ini.
3. Speed boot
dengan speed boot sobat bisa mengielilingi bendungan terbesar kebanggaan masyarakat Tulungagung.
4. Penginapan
di sekitar objek wisata bendungan wonorejo ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa di gunakan oleh wisatawan. penginapan yang ada di sini juga beraneka ragam jenisnya, sobat sobat bisa memilih sesuai dengan isi kantong sobat.
5. sarana untuk hiburan

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...