Friday, September 6, 2019

mainan anak - serba seribu

Dalam bidang usaha dalam era kemajuan zaman banyak sekali macamnya, baik usaha secara online maupun offline, usaha jasa ataupun usaha jual beli, untuk jual beli barang ada ribuan macam usaha tulisan ini akan memberikan sebuah rekomendasi untuk mainan anak anak yang hanya membutuhkan modal kecil.
1. Kwartet
Mainan ini adalah mainan sejenis kartu yang terbuat dari kertas yang ada gambarnya berukuran kurang lebih 5X7 cm, biasanya kwarted berjumlah 32 lembar, mainan anak jenis ini menurut penulis begitu fenomenal, dari dulu sampai sekarang masih bertahan dan tak pernah termakan oleh waktu dan zaman.
2. Balon tiup
Balon tiup ini sejenis balon udara yang di tiup secara manual, balon tiup adalah mainan habis pakai, balon tiup ini udah ada sejak lama.
3. Ular tangga
Ular tangga ini juga mainan yang sangat fenomenal dan produk ini tak pernah habis termakan oleh kemajuan teknologi.
4.Peluit
5. Mobil KUD
6. Montor montoran
7. Balon karet
8. Monopoli
9. Teko set
10. Mobil sport

Tuesday, August 27, 2019

Lirik Lagu Rembulan

Judul : Rembulan
Cipt. : Ipa Hadi Sasono
Arsm : Sihhono Wisnu P


Lirik:
Rembulan ing wengi
Tansah anyekseni
Endah paras manis
Esem lan guyumu
Ginambar ing bathin
Tan biso nglalekke
Yekti..nimas
Ora ono liyane..

Tatapan netramu
Nembus ing atiku
Agawe aku mung
Mikirne sliramu
Cahyaning rembulan
Kalah klawan esemmu
Amung.. nimas...

Howoning njero bathin
Pengen tansah sesanding
Yo mung karo nimas
Atiku mung kanggo nimas..

Nadyan akeh pepalang
Ngalangi dalan katresnan
Iku pancen dalan supoyo
Tresno iki.. bakal kasembadan..

Friday, August 23, 2019

mainan anak - serbaserbu - usaha kecil unik

USAHA MAINAN SERBA SERBU (SERBASERIBU)
usaha memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan suatu usaha tersebut, karena dengan memiliki modal yang cukup maka kita bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik tanpa kurang satu apapun. Tak terkecuali dalam memulai bisnis mainan, modal yang cukup sangat memungkinkan untuk kita bisa memulai bisnis mainan dengan berbagai jenis mainan yang sedang trend, yang banyak disukai anak anak, aneke replika, bahkan kita bisa juga memuka toko grosir mainan dengan modal bisnis yang banyak.
Lalu bagaimana jika kita memiliki modal minim? apakah itu suatu hambatan untuk memulai bisnis maianan? saya rasa tidak, karena seperti yang sudah kita bahas pada artike sebelumnya tentang peluang bisnis maianan anak. Bisnis ini merupakan bisnis yang sangat flexibel dalam segala hal, termasuk dalam segi modal dan juga jenis mainan yang akan kita jual juga memiliki harga yang bervariasi termasuk juga banyaknya jenis mainan serba seribu sehingga kita lebih mudah dalam menjualnya Nah, berikut ini contoh bisnis mainan serba seribu buat sahabat yang memiliki modal minim
1. Maianan Mewarnai Gambar Selain murah meriah dan bisa di jual dengan harga serba seribu, mainan ini juga memiliki nilai pendidikan yang bagus buat anak, untuk melatih daya fikir dan imajinasi mereka dalam mewarnai, sangat cocok buat sahabat yang memiliki modal minim karena rentan harga grosir yang bisa kita dapatkan adalah sekitar Rp.3.500/ 10 PCs, tergantung dimana tempat grosir manian yanga sahabat beli
2. Maianan Ular Tangga Meski terbilang jadul, sampai saat ini manianan ular tangga ini masih menjadi salah satu mainan favorit bagi anak anak, remaja, bahkan dewasa, karena memang sangat asyik dimainkan saat santai bersama teman teman, maka tak heran keberadaan mainan ular tangga ini masih tetap lestari hingga sampai saat ini
3. Pistol Pistolan Selanjutnya mainan wajib untuk anak laki laki, tentulah pistol pistolan, yang merupakan mainan paling pavorit bagi mereka, yang kita tahu anak laki laki cenderung lebih aktif dari ada anak perempuan Jika sahabat membelinya secara grosir, maka sahabat bisa mendapatkan harga yang cukup murah, sehingga sahabat bisa menjualnya sebesar Rp.1000 per peace
4. Mainan Terjun Payung Kertas Contoh bisnis mainan serba seribu selanjutnya adalah mainan terjun payung kertas yang juga merupakan mainan anak anak yang masih sangat di gemari dari masa ke masa, terutama di daerah dan desa desa, masih banyak baget anak anak yang memainkan permainan ini
5. Mainan Baling Baling Terbang Selanjutnya untuk mainan serba seribu adalah baling baling terbang yang biasanya terbuat dari plastik dan bisa di terbangkan, maianan ini selain harganya murah juga cukup di gemari oleh anak anak, karena memang permainannya yang menarik
6. Mobil Mobilan Plastik Mainan mobil mobilan juga merupakan salah satu maianan yang bisa di bilang tak lekang oleh zaman, karena dari dahulu hingga sekarang selalu di sukai oleh anak anak. Nah, jika sahabat jeli dan pintar dalam mencari supplier, maka sahabat bisa menemukan mobil mobilan plastik dengan harga murah yang bisa kita jual dengan harga seribuan, sehingga maianan yang kita jual bisa laris manis
7. Gelang Mainan Untuk target pemasan kepada anak anak perempuan, maka sahabat bisa mencoba gelang mainan plastik yang juga bisanya di jual sangat murah, sehngga bisa di jual kembali dengan harga murah pula
8. Bola Plastik Jangan lupakan juga mainan bola plastik, karena juga merupakan salah satu mainan serba seribu yang selalu diminati oleh anak anak laki laki yang aktif dan terutama di usia 3-5 tahun ataupun di usia anak SD
9. Mainan Peralatan Masak Nah, untuk maianan peralatan masak, juga banyak koq yang murah meriah, asalkan sahabat bisa mencari supplier yang tepat, untuk referensi sahabat bisa mencari di toko terdekat, dan juga di google ya
10. Maianan Gambar Gambaran Yang terakhir adalah maianan gambar gambaran dengan berbagai macam gambar tokoh kartun yang di sukai oleh anak anak, yang bisa mereka mainakan dengan sesama teman mereka dengan cara tos ataupun dilambungkan ke atas

Tuesday, August 20, 2019

Lirik - Kartonyono Medot Janji

Kartonyono Medot Janji
Gambar liik lagu
judul : kartonyono medot janji
by : denny_caknan

Kok kebangeten men 
Sambat belas raono perhatian
Jelas kubutuh atimu 
Kubutuh awakmu
Kok kebangeten men

Loro ati iki 
Tambarno karo tak nggo latihan
Sok nek wes oleh gantimu
Wes ra kajok aku 
Mergo wes tau, wes tau jeru
Mbien aku jek betah 
Suwe suwe wegah
Nuruti kekarepanmu 
Sansoyo bubrah

Mbiyen wes tak wanti-wanti 
Ojo ngasi lali
Tapi kenyataanya pergi
Kartonyono ning Ngawi medot janjimu
Ambruk cagak ku nuruti angen angenmu
Sak kabehane wes tak turuti
Tapi malah mblenjani
Budalo malah tak duduhi dalane
Metu kono belok kiri lurus wae
Rasa nyawang sepionmu sing marai ati
Tambah mbebani

Mbien aku jek betah 
Suwe suwe wegah
Nuruti kekarepanmu
Sansoyo bubrah

Mbiyen wes tak wanti-wanti 
Ojo sampe lali
Tapi kenyataanya pergi
Kartonyono ning Ngawi medot janjimu
Ambruk cagak ku nuruti angen angenmu
Sak kabehane wes tak turuti 
Tapi malah mblenjani

Budalo malah tak duduhi dalane 
Metu kono belok kiri lurus wae
Rasa nyawang sepionmu sing marai ati 
Tambah mbebani

Saturday, August 17, 2019

artikel - Makalah Masuknya Hindu Budha ke Indonesia beserta peninggalannya

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Catatan awal abad masehi mengenai kedatangan orang-orang Hindu dan Buddha dari India ke Indonesia tidak diketahui dengan pasti.Adapun hubungan antara India,Cina,dan Indonesia berasal dari catatan orang Cina pada abad ke-5M.

Menurut catatan tersebut,agama Buddha yang masuk ke Indonesia tidak hanya berasal dari India,tetapi juga dari Cina.Sejak awal abad masehi,Cina mulai mengembangkan kekuasaannya ke wilayah Asia Tenggara dan membentuk kerajaan yang berkiblat ke Cina.Penjelajah Cina yang yang paling awal menyambut dan mengenal Jawa ialah Fa Hsien. Ia menetap selama 12 tahun di India.Ketika dalam perjalanan pulang ke Cina,Ia Hsien beserta rombongan yang berjumlah 100 orang,singgah di Jawa Mereka singgah selama lima bulan sejak Desember 412 sampai Mei 413.

Hubungan pelayaran dan perdagangan antara Jawa, Sumatera, Kanton (Cina), Sri Lanka, dan Kashmir (India) dicatat pula oleh Gunawwarma. Ia adalah seorang pangeran dari kashimir yang pernah tinggal lama di Jawa Pada 422,ia menyebarkan Buddhisme sebelum berlayar ke Cina.Catatan singkat dari Gunawarmma ini menunjukkan bahwa pengaruh kebudayaan India atau Cina bisa masuk melalui hubungan pelayaran dan perdagangan antara Indonesia (Jawa) dan negeri-negeri di Asia Tenggara,Timur,dan Selatan.

B. Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan yang ingin dicapai dalam penyusunan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang masuk dan berkembangnya hindu budha di Indonesia

C. Manfaat Penulisan
Pembahasan ini dimaksudkan untuk memberikan jawaban atas masalah pokok tentang hari akhir. Pembahasan ini bermanfaat untuk :

1. Memperluas wawasan tentang masuk dan berkembangnya hindu budha di Indonesia
2. Sebagai sumber belajar bagi siswa

BAB II


PEMBAHASAN

1. Jalur masuknya hindu budha di Indonesia
Melalui Jalur Laut
Para penyebar agama dan budaya Hindu –Buddha yang menggunakan jalur laut datang ke Indonesia mengikuti rombongan kapal-kapal para dagang yang biasa beraktivitas pada jalur India–Cina. Rute perjalanan para penyebar agama dan budaya Hindu Buddha, yaitu dari India menuju Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian ke Nusantara.

Sementara itu, dari Semenanjung Malaya ada yang terus ke Kamboja, Vietnam, Cina, Korea, dan Jepang. Di antara mereka ada yang langsung dari India menuju Indonesia dengan memanfaatkan bertiupnya angin muson barat.

Melalui Jalur Darat
Para penyebar agama dan budaya Hindu –Buddha yang menggunakan jalur darat mengikuti para pedagang melalui Jalan Sutra, dari India ke Tibet terus ke utara sampai dengan Cina, Korea, dan Jepang. Ada juga yang melakukan perjalanan dari India utara menuju Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya kemudian berlayar menuju Indonesia.

Van Leur dan Wolters berpendapat bahwa hubungan dagang antara India dan Indonesia lebih dahulu berkembang dibandingkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Cina. Bukti keterlibatan Indonesia dalam perdagangan mancanegara banyak kita dapati dari sumber-sumber luar negeri dan dalam negeri, seperti berikut.

1. Berita dari Cina

Berita dari Cina yang memuat keterlibatan bangsa Indonesia dalam perdagangan internasional, antara lain sebagai berikut :
a. Catatan Dinasti Han, Dinasti Sung, Dinasti Yuan, dan Dinasti Ming, menjelaskan bahwa sejak awal tahun masehi telah terjadi hubungan dagang antara Cina dan Indonesia . Hubungan dagang itu terbukti dari banyaknya barang-barang keramik (porselen) Cina yang ditemukan di Indonesia.
b. Fa-Hien, seorang musafir yang singgah di To-lo-mo selama lima bulan dalam perjalannya dari India ke Cina. Kemungkinan yang dimaksud dengan Tolomo adalah Kerajaan Tarumanegara yang muncul di Jawa Barat pada sekitar abad ke-5M.
c. I-Tsing, seorang peziarah dan rahib Buddha. Dalam catatannya, ia menuliskan kesan tentang Kerajaan Sriwijaya sebagai salah satu pusat agama Buddha di asia pada abad ke-7 M.

2. Berita dari India
Berita tertua terdapat dalam kitab Ramayana yang menyebutkan bahwa Dewi Sinta diculik oleh Rahwana, Hanoman mencarinya sampai ke Javadwipa (Jawa). Sumber lain berasal dari Piagam Nalanda yang menyebutkan bahwa Kerajaan Sriwijaya memegang peran kunci untuk masuk ke wilayah nusantara.

3. Berita dari Arab

Para saudagar dan ahli-ahli geografi bangsa Arab menulis tentang Indonesia sejak abad ke-6 M. mereka sering menyebut kerajaan bernama Zabag atau Sribusa. Kemungkinan yang dimaksud dengan Zabag atau Sribusa inii adalah Kerajaan Sriwijaya. Zabag atau Sribusa terkenal sebagai salah satu pusat perdagangan dan negeri yang kaya akan emas.
____________________________________
lengkapnya disini

Tuesday, August 13, 2019

Titip Angin Kangen Liric-Genaskun

Lirik Lagu Titip Angin Kangen - Genoskun
Artist : Genoskun
Judul Lagu : Titip Angin Kangen
Album : Titip Angin Kangen - Single
Label : Genoskun

Lintang seng ono neng wengi
Gawe kangen ati
Ati seng tansah nandang kasmaran iki
Endah e esemmu. gawe bungahe atiku
Mung sliramu pepuja neng atiku

Ati seng tansah nandang kasmaran iki
Endah e esemmu. gawe bungahe atiku
Mung sliramu pepuja neng atiku

Neng awan katon netromu ing saben wengiku
Wiroso ing semilire angin dalu
Sliramu doh nimas, seng dadi memani ing kalbu
mung sliramu seng ono neng atiku
Aku tresno sliramu.

Neng angin tak titipne
Roso kangen marang sliramu
Nadyan batin pengen ketemu
Amung biso nyawang fotomu

Abote mendem kangen
Kangen seng neng jero dodoku
Gedino roso tresno iki
Amung tak simpen neng jero ati

Lintang seng ono neng wengi
Gawe kangen ati
Ati seng tansah nandang kasmaran iki
Endah e esemmu. gawe bungahe atiku
Mung sliramu pepuja neng atiku

Ati seng tansah nandang kasmaran iki
Endah e esemmu. gawe bungahe atiku
Mung sliramu pepuja neng atiku

Neng awan katon netromu ing saben wengiku
Wiroso ing semilire angin dalu
Sliramu doh nimas, seng dadi memani ing kalbu
mung sliramu seng ono neng atiku
Aku tresno sliramu.

Neng angin tak titipne
Roso kangen marang sliramu
Nadyan batin pengen ketemu
Amung biso nyawang fotomu

Abote mendem kangen
Kangen seng neng jero dodoku
Gedino roso tresno iki
Amung tak simpen neng jero ati

[Terjemahan / Artinya]

Bintang Bintan di malam hari
Bikin kangen hati
hati yang lagi jatuh cinta ini
indah senyum mu , buat senang hatiku
cuma kamu yang ada dihati ku

hati yang lagi jatuh cinta ini
indah senyum mu , buat seneng hatiku
cuma kamu yang ada dihati ku

di siang hari cuma kamu terlihat di setiap malam ku
Terasa sampai angin pagi
duh kamu, yang jadi teman di hati
cuma kamu yang ada dihati ku
aku cinta kamu

pada angin aku titipkan
rasa kangen kepadamu
rasa hati ingin ketemu
tapi cuma bisa melihat foto mu

susahnya menahan kangen
kangen yang ada didalam dada
besarnya cinta ini
namun hanya tak simpan di dalam hati

Bintang Bintan di malam hari
Bikin kangen hati
hati yang lagi jatuh cinta ini
indah senyum mu , buat bahagia hatiku
cuma kamu yang ada dihati ku

hati yang lagi jatuh cinta ini
indah senyum mu , buat bahagia hatiku
cuma kamu yang ada dihati ku

di siang hari cuma kamu terlihat di setiap malam ku
Terasa sampai angin pagi
duh kamu, yang jadi teman di hati
cuma kamu yang ada dihati ku
aku cinta kamu

pada angin aku titipkan
rasa kangen kepadamu
rasa hati ingin ketemu
tapi cuma bisa melihat foto mu

susahnya menahan kangen
kangen yang ada didalam dada
besarnya cinta ini
namun hanya tak simpan di dalam hati

Pemberitahuan: Situs blog ini tidak menyediakan Streaming atau Download music Mp3 nya karena itu melanggar hak cipta. Dan lirik lagu ini sepenuhnya hak cipta pemiliknya seperti penulis, artis, dan label yang bersangkutan.

Friday, August 2, 2019

Filsafat Peralatan Pagelaran Wayang

Filsafat di balik peralatan dalam pentas wayang. 
Bunyi gamelan, wayang yang diiringi gamelan, dalang hanya sekedar mengucap, si wayang lah yang memiliki bunyi. Kurang lebih artinya, (seolah) semua patuh pada kehendak dalangnya, berkuasa atas semua wayang dan lakon, akan tetapi jangan terkecoh, Ki Dalang hanya sekedar melakonkan wayang, alias Ki dalang hanya sekedar mengikuti alur cerita yang telah ada sebelumnya.

Perintah orang yang menanggap pagelaran wayang, disebut Gatholoco sebagai Kyai Sepi, artinya sěpi tanpà ànà, ànàné ginělar yěkti, langgeng tan owah gingsir, tanpa kurang tanpa wuwuh, tanpà rèh tanpa guna, ingkang luwih masesani, ing solahe wayang ucape Ki dalang; sepi tanpa ada, adanya tidak lain sejatinya yang telah tergelar di alam semesta, tetap abadi, tiada berkurang tiada bertambah, tanpa sebab tanpa guna, yang lebih menguasai, ada pada tingkah Ki dalang dan ucapannya.

Yang pasti menjalani yang baik dan buruk, penonton dan yang nanggap wayang, yakni disebut Kyai Urip. Bila lampu blencong sudah mati, semuanya menjadi suwung awang uwung, tiada apapun, ibarat kita belum lahir ke bumi, batin kita suwung tiada apapun.

Baiklah supaya lebih mudah dipahami filsafat di alam pemikiran si buruk rupa Gatholoco mari kita bahas satu-persatu mengenai instrumen dalam pementasan wayang sbb;


Běběr
Disebut pula layar putih tanpa noda. Merupakan gambaran mercàpàdà atau bumi ini yang sesungguhnya merupakan tempat suci. Di manapun tempat, wilayah, daerah, negara, daratan semuanya adalah tempat suci. Jika ada tempat tidak suci, atau dianggap lembah hitam atau kotor, sesungguhnya hanyalah penilaian subyektif atau sekedar manusianya yang kotor, bukan bumi tempat mereka berpijak. Layar sebagai gambaran bumi, menjadi panggung pementasan “sandiwara kehidupan” wayang.


Kělir
Kělir adalah gěděbok (batang) pohon pisang. Jika tidak dipakai lagi untuk menancapkan wayang, maka kělir akan dibuang menjadi barang busuk berbau dan tak ada gunanya, lalu kembali menjadi tanah. Kělir ibarat raga atau jasad kita yang digunakan sebagai tempat bersemayamnya sukma kita. Jasad yang digunakan sebagai media sukma agar dapat berbuat sesuatu di dalam dimensi wadag měrcapada (bumi).


Wayang
Wayang mempunyai dua dimensi, jika ditonton dengan benar seharusnya dari balik layar pementasan. Yang yampak adalah siluet bayangan hitam si wayang. Wayang adalah jiwa, atau jiwànggà, jiwà ing ànggà yakni jiwa yang manjing di raga. Sedangkan bayangan wayang di balik běběr atau layar ibaratnya “guru sejati” atau sukma sějati.


Pěthi
Kotak kayu untuk menyimpan wayang yang belum dikeluarkan atau wayang yang sudah mati. Tokoh wayang yang sudah mati, pasti meninggalkan kelirnya dan dimasukkan oleh dalang ke dalam kotak pěthi. Pethi ibaratnya liang kuburan. Jika anda serem akan liang kuburan, karena belum memahami makna liang kubur. Liang kubur sesungguhnya pintu kecil, gelap, pengap dan sempit, namun menjadi “lorong” atau pintu masuk menuju ke alam gaib para leluhur yang terang benderang dan menakjubkan (bagi yang perbuatannya pada sesama baik, bagi yang tdk baik saya nggak tahu).


Dalang
Dalang adalah orang yang hanya sekedar menjalankan cerita-cerita (lakon) wayang yang telah ada sebelumnya. Meskipun demikian, dalang harus memahami betul pakem gamelan, karakter wayang, cengkok tembang, pribadi masing-masing waranggana dan wiyaga. Dalang menjadi pembawa cerita, sekaligus pemimpin atau komando bagi seluruh tim yang bersama-sama menjalankan pementasan “sandiwara kehidupan” wayang. Kekompakan terjadi bilamana para waranggana, wiyaga, dan asisten dalang memahami secara persis bagaimana jalan cerita lakon, menghayatinya serta bagaimana keinginan-keinginan Ki Dalang selama melakonkan wayang.

Dalang ibarat pemuka agama, tokoh masyarakat, koordinator paguyuban dan perkumpulan, sesepuh desa, pemuka adat, pemimpin spiritual, yang hanya sekedar menjalankan hukum kodrat Tuhan, hukum alam, nilai-nilai tradisi dan budaya yang telah ada sebelumnya untuk mendasari lakon kehidupan di mercapada, sejak bumi ini ada. Siapapun boleh dan bisa menjadi dalang. Tidak pandang derajat, pangkat, golongan. Maknanya, setiap orang boleh dan bisa menjadi ahli spiritual, pemuka adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dst. Setiap manusia berhak menjadi khalifah di mercapada. Tak perlu menunggu disuruh-suruh Tuhan. Syaratnya hanyalah, memahami akan nilai kesejatian kebenaran, memiliki banyak ilmu pengetahuannya, serta mampu mengendalikan diri agar menjadi manusia yang arif, berwibawa, bijaksana, adil dan paling penting adalah bersedia berbuat kebaikan pada sesama tanpa pandang apa sukunya, apa agamanya, apa budayanya, dari mana asalnya, siapa namanya, apa jabatannya. Dalang menjadi jalma manungsa kang hambeg utama, sadrema netepi titahing Gusti. Umpama manusia-manusia suci penegak keadilan dan kebenaran di muka bumi, yang hanya menetapkan segala tindakannya sesuai lakon dalam kodrat Hyang Widhi.

Blencong
Blencong merupakan lampu penerang letaknya di depan layar, di atas Ki dalang duduk bersila. Blencong menggunakan bahan bakar minyak kelapa, sehingga nyalanya relatif lama, apinya bersih, baunya juga harum dan gurih. Filsafat blencong umpama wahyu kehidupan, atau atmà sejati yang menghidupkan segala yang hidup, cahaya blencong umpama cahyà sejati. Blencong berasal dari Hyang Widhi yang tak tergambarkan dalam pagelaran wayang. Blencong asale sàkà wahananing Gusti Kang Murbeng Dumadi. Cahaya blencong adalah cahyà sejati, yang menerangi seluruh pagelaran wayang kulit, yakni meliputi seluruh jagad gumelar. Cahyà sejati, menyinari wayang (sukmà sejati), menyinari Ki Dalang dan kelir. Blencong dan sinarnya ibarat tejà lan cahyà. Yakni umpama Bethara Nurrada dan Bethàrà Teja (Antàgà). Càhyà sejati, cahaya kehidupan merambah ke dalam badan, di luar dan di dalam, di bawah dan di atas, berasal dari Yang Maha Hidup atma sejati, wujudnya berasal dari Hyang Mahamulya. Wujudnya menjadi Wujud Yang Maha Tunggal. Ora ànà PĂRĂ Màhà Tunggal kajàbà kang NYAWIJI Màhà Tunggal.

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...