Wednesday, September 12, 2018

Manfaat Hobi Memancing Bagi Kita

Terlalu banyak orang yang mengira khususnya kaum hawa (wanita) dan sebagian kaum adam (laki-laki) bahwa memancing adalah sesuatu yang sangat amat sia-sia, duduk termenung menunggu sesuatu yang tak pasti hingga berjam-jam di pinggir sungai atau pinggir danau / waduk atau pun laut. pada dasarnya pemikiran hobi memancing adalah sia-sia benar juga hi hi hi hi.
tapi jangan salah di sisi lain orang yang hobinya memancing mempunyai perasaan yang mungkin kita kita tidak pernah mengerti secara mata telanjang, menyenangkan baginya lebih dari segalanya, demi hobi memancing terkadang semua direlakan uang dan waktu terkadang juga bukan halangan.
mengapa terkadang orang hobi dengan memancing?..... mengapa orang termasuk diri ini tergila-gila dengan memancing ?.........
memancing mungkin saja banyak manfaatnya dan hiburan yang menyenangkan antara lain,


1. Menyenangkan saat menunggu ikan-ikan yang bermain dengan kail kita.
adakah yang belum pernah memancing sama sekali ?... jika kalian belum pernah menggemari memancing, kalian tak kan pernah paham betapa menyenangkan saat kalian menanti datangnya sang ikan, saat kita memancing di air yang dangkal kita akan melihat ikan ikan datang mendekati kail kita dan berkerumun di bawah kail kita, pemandangan yang tak bisa terucapkan, saat salah satu dari ikan itu terjebak dan menyangkut di kail kita begitu asyiknya itu sangat sungguh menyenangkan, situasi yang seperti ini biasanya juga di gunakan oleh sebagian orang untuk terapi kesehatan, di dalam kolam
ikan yang khusus dan kaki kita masukkan ke dalam kolam dan biarkan ikan ikan itu berkerumun di kaki kita dan rasakan sensasinya seolah olah ikan ingin menggigit kaki kita, katanya sih bisa melancarkan sirkulasi darah kita.......

2. Memancing juga termasuk olah raga ringan.
memancing sangat baik untuk kesehatan karena bisa di artikan olah raga ringan untuk tubuh kita, selain asyik menyenangkan memancing adalah olah raga ringan, dari mulai kita memasang umpan, melempar pancing hingga mengangkat joran pancing.

3. Mengobati stres dan penat hati dan pikiran.
bagi para pemancing sudah sangat paham kalau memancing bisa di jadikan anti bodi atau penangkal stres dan kepenatan pikiran dan hati, kalian bisa santai kan pikiran dan hati saat menunggu ikan memakan umpan kita dengan cara banyak hal, sambil tidur oke, sambil ngobrol dengan teman dan lain-lain, dan jika umpan kita di makan ikan di saat itulah kita akan merakan kepuasan tersendiri stres pun hilang.

4. Melatih Kesabaran Hati Kita
Memancing juga menjadi salah satu bentuk melatih kesabaran kita, ikan-ikan akan mengajarkan kita untuk bisa bersabar di setiap langkah dan usaha kita, dari mulai mempersiapkan diri sampai menghasilkan ikan, persiapan awal kita pasti akan berusaha dengan membeli alat pancing  yang sederhana maupun yang terbaik, mempersiapkan umpan untuk ikan, menunggu ikan untuk memakan umpan kita, bentuk-bentuk usaha yang tak pernah kita sadari bahwa berusaha itu sangatlah penting. do'a pun tak kan pernah ketinggalan saat kita memancing di saat umpan kita tak ada yang memakan usaha dengan berdo'a lah yang bisa kita lakukan. kesabaran dalam kehidupan ini ibarat kita memancing ikan.

5. Menambah Relasi Sosial, berteman dengan semua kalangan.
 Menunggu ikan memakan umpan kita terkadang harus menunggu dengan kesabaran menunggu waktu yang lama, Selama kita menunggu apakah kita bisa diam saja, mungkin iya mungkin juga tidak, terkadang kita akan bertemu dengan teman seperjuangan yang juga menunggu umpan nya dimakan oleh ikan, kita bisa berbincang bincang sambil memandang joran pancing kita, kita bisa saling membagi informasi dari kehidupan ikan sampai kehidupan tetangga kita hahahahaha.  Relasi sosial, hubungan sosial pun akan terjalin tanpa kita sadari.

6. Berlatih Konsentrasi
Melempar umpan untuk ikan tentu bukan hanya sekedar melempar, tetapi harus berkonsentrasi melempar ke tempat yang tepat, apabila keadaan alam atau cuaca tidak bersahabat misal angin atau hujan di butuhkan konsentrasi untuk memastikan keadaan umpan/ pelampung pancing kita.

7. Memancing juga bisa menjadi wisata dan liburan
 Niat pergi memancing berarti kalian akan mengunjungi objek alam yang asyik sungai, waduk, kolam , laut karena pada dasarnya ikan menyukai tempat-tempat yang alami tanpa polusi, para pemancing sangatlah paham dengan tempat tempat spot memancing yang alami. dan di tempat yang di sukai ikan pasti akan tersaji pemandangan yang menawan.

8.  Melatih Fisik agar tetap prima
maksud dari melatih fisik yaitu apabila kita ingin mencari tempat pemancingan yang alami pastinya kita akan berjuang mencari tempat yang mana tempat itu sulit di lalui oleh kendaraan dan harus berjalan kaki, berjalan kaki sebagian dari olah fisik menantang alam.

9.  Salah satu bentuk terapi kejiwaan.
di rumah sakit di negara maju memancing di jadikan salah satu bentuk terapi kejiwaan bagi pasiennya. aktivitas memancing cukup membantu bagi orang yang terkena gangguan jiwa / depresi atau pun orang yang sedang mengalami suatu masalah jiwa. tanpa kita sadari bahwa memancing sangatlah membantu dalam merangsang otak dengan baik.

10. Bentuk Pengalihan Hal yang bruk atau negatif
jika kita banyak waktu kosong, mungkin kita akan terlalu banyak pikiran, bahkan berpikiran negatif dan cenderung melakukan hal-hal yang negatif juga (kalau tidak percaya berarti anda orang baik), dengan kegiatan memancing pikiran negatif kita akan tergerus oleh kesibukan memancing karena kita akan fokus ke pancing kita dan tidak akan memikirkan yang lain.

11. Mengusir rasa bosan
Selama kita memancing, rasa bosan akan hilang dari diri kita, sebab memancing sendiri juga terkadang terkesan membosankan tetapi jika kita mendapatkan hasil dari memancing baik ikan maupun kesenangan rasa bosan itu pun akan hilang dengan sendirinya, (lakukan sesuatu dengan rasa senang bosan pun hilang) memancing sangatlah mudah untuk di lakukan, anak kecil maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan juga bisa.
Salam Mancing Mania

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...