Wednesday, December 12, 2018

Bendungan Terbesar No 2 di indonesia - Perencanaan Bendungan di Nganjuk

WADUK SEMANTOK
       Semantok ialah sebuah waduk atau bendungan ( belum selesai pembangunannya, masih dalam tahap pembangunan tahun 2019 ) yang ada di Daerah Nganjuk, Pada Tahun 2016 yang lalu Rencana sebuah rencana Mega Proyek Strategis Pemerintah yaitu Pembangunan Waduk Semantok yang ada di daerah Nganjuk, yang bertujuan untuk sarana irigasi lahan pertanian di daerah Nganjuk bagian utara dan sekitarnya, namun tertunda pembangunannya hingga tahun 2018, kini Pembangunan Waduk Semantok sudah mulai berjalan.


            Waduk Semantok sendiri menurut informasi yang ada di rencanakan kedepan nya  memiliki luas lahan sekitar 700 hektar. di mana lahan yang digunakan adalah lahan hutan dan sebagian lahan pemukiman milik warga yaitu Desa KedungPingit, Desa Tritik dan Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.


           Terlepas dari pro dan kontra tentang lahan yang di gunakan untuk waduk semantok, kita sebagai masyarakat tidak perlu berkomentar atau pun menyebarkan sesuatu yang bukan kapasitas kita sebagai masyarakat kecil, kita hanya bisa menunggu hasil perencanaan pemerintah untuk pembangunan Waduk Semantok yang sedang di laksanakan untuk kesejahteraan Masyarakat luas. 

           Pembangunan Bendungan Semantok di proyeksi kan  oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai hal, yaitu mengatasi kekeringan di wilayah Nganjuk bagian utara khususnya Kecamatan Rejoso dan sekitarnya, dan juga untuk menanmpung air hujan agar tidak terjadi banjir yang sering melanda wilayah Rejoso saat musim hujan, di samping itu Pembangunan Waduk Semantok sendiri juga bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian warga sekitar, yaitu dengan di bangunnya waduk semantok bisa menjadi destinasi wisata baru untuk Kabupaten Nganjuk, dan diharapkan dapat menciptakan pembangunan UMKM yang bisa dipasarkan kepada para pengunjung Waduk Semantok ke depannya.

          Bendungan Semantok di perkirakan luasnya melebihi bendungan widas yang ada di kota Madiun di perkirakan 4 kali lipat dari bendungan widas, bendungan semantok berlokasi di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, kearah utara sekitar 10 kilometer dari kota Nganjuk, berdekatan dengan Kabupaten Bojonegoro.

            Penulis sendiri berharap semoga Bendungan Semantok selesai secepatnya dan berharap menjadi destinasi wisata baru untuk warga masyarakat Nganjuk, dan bisa menjadi handalan wisata Nganjuk dan semoga bisa menjadi Spot Macing baru di wilayah Nganjuk he he he he............

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...