Sunday, June 2, 2019

Cara membuat lamaran kerja

Ketika sobat mencari pekerjaan, tentu yang perlu sobat buat untuk melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja, Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dan menentukan apakah sobat di terima atau tidak. sobat tentu harus membuat lamaran kerja tanpa perlu mengada-ada atau dibuat dengan ala kadarnya, jika sobat membuat lamaran kerja dengan benar dan tanpa mengada-ada atau memanipulasi data Insya Allah sobat akan lebih berpeluang untuk diterima kerja di tempat sobat melamar pekerjaan.

sobat sobat harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang sobat inginkan semakin besar.
cara membuat lamaran kerja
Berikut ini tips cara membuat lamaran kerja yang perlu di perhatikan :
  1. Sebelumnya baca dengan seksama dan analisa dengan sebaik-baiknya persyaratan persyaratan yang di butuhkan, agar dalam kita membuat lamaran kerja tidak keluar dari konteks atau keluar dari lowongan yang di butuhkan di perusahaan yang sobat lamar.
  2. Tulis surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakan kata-kata yang mudah di pahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas, Nama yang dituju haruslah anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, jabatan, dan alamat perusahaan yang sobat tuju.
  5. Setelah sobat selesai menulis surat lamaran kerja, Baca sekali atau lebih, untuk memastikan tidak ada yang salah dalam tulisan tersebut, menggunakan tata bahasa baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering di ulang-ulang.
  6. Baik surat lamaran yang ditulis dengan tangan maupun dengan di ketik, pastikan lah kertas yang sobat pakai bersih dari kotoran, tidak ada bekas lipatan, tidak ada bekas dihapus, atau kotoran apapun usahakan bersih.
  7. Jika sobat menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan sobat dapat dibaca, hindari menggunakan tulisan tegak bersambung, beri alas pada tangan sobat dengan tisu saat menulis agar kertas tidak kotor.
  8. Berdoalah sebelum dan sesudah menulis surat lamaran kerja
Cara membuat lamaran kerja :
Pada umumnya dalam menulis atau mengetik surat lamaran kerja untuk di ajukan kemanapun sama saja isinya, baik cara membuat lamaran kerja online maupun offline, baik surat lamaran untuk perusahaan, bank, maupun kantor kantor yang membutuhkan.

Langkah - langkah atau cara membuat lamaran kerja :
  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatan atau perusahaan yang dituju dan Alamat lengkap yang di tuju.
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar / pembuka : dalam kata pengantar atau pembuka surat lamaran kerja wajib sobat cantumkan di mana sobat mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tersebut, contohnya sobat dapat informasi lowongan dari internet, media masa atau surat kabar.
  5. Biodata Pribadi : tuliskan nama lengkap sobat, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, E-Mail, pendidikan (tidak wajib).
  6. Pengalaman kerja dan kemampuan sobat : Jika sebelumnya sobat pernah bekerja, tulis saja pekerjaan sobat sebelumnya, jika belum pernah pernah bekerja tidak usah, tulis juga kemampuan sobat yang sekiranya yang di butuhkan oleh perusahaan tersebut.
  7. Penutup : dalam penutup sebuah surat lamaran kerja tulislah untuk pembaca sobat bahwa sobat mempunyai keinginan kuat agar di terima di perusahaan tersebut, dan jangan lupa ucapan terima kasih.
  8. Lampiran surat lamaran kerja : agar perusahaan yang sobat tuju semakin yakin untuk bisa menerima sobat, lampirkan juga hal-hal yang bisa menambah nilai plus sobat. hal-hal yang sebaiknya di lampirkan antara lain 

  • Pas Foto ( foto terbaru )
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah sobat ikuti)
     9. Hormat saya (tanda tangan dan nama lengkap)

Contoh Surat lamaran kerja
                                                                                                Surabaya, 16 Juni 2050
Kepada Yth
HRD Bapak / Ibu .......
di
   Tempat

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar pada tanggal ............, PT............ membuka beberapa lowongan kerja. Dengan surat lamaran kerja ini saya bermaksud untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksud adalah bagian...... di PT. .......
Berikut ini adalah biodata singkat saya :
Nama                        :
Tempat / Tgl. Lahir  :
Jenis Kelamin          :
Pendidikan terakhir :
Alamat                     :
Telepon ( Hp )         :

Saat ini saya dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Saya juga mengutamakan kejujuran serta kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang. saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut :

  • Foto Ukuran 3X4
  • Foto copy KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy Ijazah Terakhir
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Surat Pengalaman Kerja

Saya berharap menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan jujur-sejujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.


                                                                                                           Hormat saya

Demikian cara membuat lamaran kerja atau surat lamaran kerja semoga masih bisa bermanfaat buat sobat sobat sekalian.

Baca Juga

Jagal Abilawa

Jagal Abilawa adalah nama samaran dari Raden Brotoseno / Bima, dia menyamarkan diri karena pada masa itu para Pandawa mendapat ujian karena ...